KULIAH atau KERJA?

Senangnya luar biasa waktu diterima jadi karyawan di sebuah perusahaan bonafid walau masih kuliah semester 3, lalu bisa punya uang sendiri. Dengan penuh semangat, kamu bertekad bisa membagi waktu antara kuliah dan kerja. Tapi.. ups ternyata nggak seudah itu! Pelan-pelan kuliah mulai terlupakan. Tapi di saat global crisis gini, apa harus nolak rejeki?

JALAN KELUARNYA?

Hari gini emang susah cari kerjaan yang bagus. Tapi sebelum memutuskan untuk cuti kuliah (dalam waktu yang tidak ditentukan), pertimbangkan hal-hal ini:

  1. Orang tua. Apa sih keinginan terdalam mereka? Kalau salah satunya adalah melihat anak mereka diwisuda, sebagai anak yang baik, coba sekuat tenaga untuk mewujudkannya.
  2. S1. Seberapa penting arti sebuah gelar sarjana  di keluarga dan lingkungan terdekat kamu? Kalau memang nggak terlalu signifikan, ada lampu hijau buat mengejar karir. Lagian nggak ada waktu terlambat untuk meraih S1. Asal udah menjadi target, walau pelan, pasti bisa tercapai.
  3. Kebijakan Perusahaan. Jangan buru-buru cuti kuliah/berhenti kerja sebelum meminta kebijakan dari perusahaan. Siapa tau pihak manajemen bisa memberi kompensasi dan membantu kamu supaya cepat lulus. Dengan sedikit pengorbanan, kamu bisa meraih dua-duanya lhoo!!

Cara menjadi milyuner dalam 5 tahun!!!

Mentang-mentang masih remaja atau umur 20 tahunan jadi nggak perlu mikirin uang?! Salah banget. Justru asyiknya dari sekarang mempersiapkan jadi miliuner. Bukan dengan acara ikut kuis berhadiah jutaan di TV pastinya. Inilah cara-cara menjadi miliuner dalam 5 tahun!

  • Nabung, tapi bukan di tabungan biasa. Pilih tabungan berjangka yang menawarkan bunga diatas tabungan biasa. Nggak semua bank mengharuskan nabung jutaan untuk jenis tabungan ini, misalnya Tabungan Pendidikan di Bank CINB Niaga. Mulai dari setoran Rp.100.000,00/bulan, kamu bisa dapetin bunga hingga 6,5%/tahun (setara bunga deposito nih! tapi syarat dan ketentuan berlaku loh). Misalnya kamu nabung 200.000/bulan, dalam 5 tahun kamu udah menghasilkan sekitar 16 juta. Gunakan layananautodebit supaya tabungan setiap bulannya langsung ditarik dari tabungan utama.
  • Invest. Inves apa ya dengan uang sejuta dua juta hasi; ‘THR’ atau angpaw kemarin? Coba investasikan uang itu untuk memulai usaha. Kalau dijalankan dengan serius, dalam 5 tahun dijamin udah bisa ngasih penghasilan yang lumayan tiap bulannya. Butuh ide usaha? Lihat sekelilingmu, apa yang kamu dan komunitas sekelilingmu butuhkan, tapi masih susah didapet, disitu ada peluang besar.
  • Hemat. “Hemat pangkal kaya” itu sama sekali bukan omong kosong. Kebanyakan self-made millonaire di dunia ini hidupnya hemat. Mereka suk bawa makanan dari rumah dan beli segala sesuatu berdasarkan fungsinya, bukan untuk gengsi. Menurut buku “The Millionaire Next Door”. merek mobil nomor satu diantara miliuner adalah Toyota, bukan Mercedes atau BMW! Yup, kalau kau nggak hemat, jangankan mau kaya, nabung aja susah.

Trik agar terlihat photogenic di kamera

Orang photogenic biasanya jadi lebih pede karena sering lihat bukti nyata bahwa dirinya menarik. Tapi kalau kamu nggak naturally photogenic, ada triknya kok. Yuk praktekin!

  1. Know your strong and weak points. Bahkan foto model aja punya angle yang bagus dan nggaknya. It looks practice, jadi jangan males sering-sering ambil foto sendiri, sampai kamu menemukan beberapa pose andalan. Just an input: hindari pose standar seperti memonyongkan bibir atau menggelembungkan pipi.
  2. Eye expression is very important. Mata kamu harus bisa tersenyum. Yang ini juga perlu latihan. Coba beberapa jenis tatapan mata sampai ketemu yang pas.
  3. Try to make a face kayak kamu lagi ngaca. Secara nggak sadar, pas ngaca biasanya kita sedikit mengangkat alis dan memincingkan mata.
  4. You don’t have to smile. Banyak orang yang terlihat lebih cantik saat bibirnya tertutup. Victoria Becham aja nggak pernah senyum kalau difoto.
  5. Make up helps a lot, terutama make up mata. A stroke of eyeliner and mascara will do the difference.

Tips menulis dan mencari ide dalam membuat buku

Lepaskan mindset kalau nulis buku itu harus novel, fiksi atau sejenisnya. Karena banyak banget jenis buku lainnya yang juga punya pangsa pasar lumayan. Here are some of the ideas and tips:

  • Complete Things! Banyak hal yang tinggal kita browse di internet, easy and cheap, tapi infonya terpencar-pencar dan nggak gampang disimpen. Kamu bisa bikin buku kompilasi tentang berbagai hal, misalnya tweet para selebritis yang memorable, atau kompilasi karya seni digital artist Indonesia yang keren-keren. Tentu saja dengan meminta ijin pihak yang bersangkutan ya.
  • Go local. Semakin lokal semakin susah dicari di Internet. Misalnya quote inspiring, tapi dari temen-temen sendiri. Dari buku semacam ini, you can show people, life from a perspective of teenage girls.
  • Personal artwork. Hobi bikin gambar, desain, foto, atau bahkan sekedar doodle. Kenapa enggak dibukukan? Simple things can give inspiration to others lho! Kalau bisa dikemas dengan murah tapi tetap artsy. Orang nggak akan rugi beli.
  • Tutorial. Kalau di luar sana ada buku ‘How To Use Microsoft Word’m kenapa nggak bisa kamu bikin buku ‘Apple Photo Apps for Dummies’ atau tutorial DIY (Do It yourself) berbagai cute stuff.
  • Punya blog yang udah banyak pengunjungnya? Rapikan dan edit content blog untuk dijadikan buku.

Selamat mencoba 🙂

Source: Gogirl